Minggu, 18 November 2012

MUNGKIN SAJA "Jika Anda Menganggur"


MUNGKIN SAJA "Jika Anda Menganggur"
                                                                                                               by : Thipluks Adinegoro

     Di negeri kita ini, rata-rata orang biasa melakukan rutinitas kesehariannya dalam bekerja, kurang lebih sekira 8 jam dalam sehari, jadi kalau dibandingkan dengan Singapore, Jepang, Korea atau negara-negara yang masuk dalam kategori negeri Industri baru di Kawasan Asia, memang rata-rata aktifitas masyarakat di negeri kita, relatif lebih sedikit, sehingga memang wajar, jika pertumbuhan negeri kita yang luas ini, rasanya jauh tertinggal dengan negara yang kita sebutkan tadi, contoh saja dengan Singapore, yang luas negeri itu tak lebih dari besarnya wilayah Propinsi Jawa Barat, kita jauh tertinggal, apalagi dengan Korea, Jepang?. 

Lalu ngapain kita semua ini?. 
Jawabannya tentu kita kembalikan pada hati nurani kita sendiri.  Masyarakat kita lebih banyak, cenderung menikmati waktu dengan beristirahat, bersantai, atau hal lainnya yang kurang produktif. Orang yang bekerjapun seperti itu, apa lagi yang tidak bekerja, dan kali ini saya tidak ingin bicara tentang kerja tetapi, bicara tentang pribadi yang menganggur. 
Bayangkan jika Anda tiba-tiba kehilangan pendapatan, tentu akan semakin banyak waktu luang yang terbuang, dan akibat dari itu semua, dapat mengakibatkan stress, bahkan tingkat depresi tinggi, yang bisa juga membuat pesimis, dsb.  Namun kita harus ingat Tuhan, selalu memberikan rizky pada manusia dengan caraNYA.
     Jadi jangan kemudian bila kita sudah tidak bekerja membuat kita menjadi kerdil, akan tetapi justru itulah salah satu alat pemicu kita untuk melakukan  beberapa perencanaan masa datang dengan lebih cermat, Ingat pemulungpun bisa makan, pengemispun bisa menyekolahkan anak, dalam hal ini saya tidak bermaksud mengecilkan profesi pemulung atau pengemis, namun lebih kepada bagaimana seharusnya kita mampu melakukan perbaikan diri demi masa depan, tentu dengan cara yang lebih elegan, serta lebih matang, seperti apapun dengan cara apapun atau bagaimanapun, siapapun dapat mengatasi masalahnya sendiri. jika mau berpikir dan berupaya, agar kita tidak disebut pengangguran yang malas. dan berikut ini beberapa tips mengatasainya yang diperoleh dari beberapa sumber dan pengalaman beberapa teman dsb.
Jika Anda menganggur kemudaian mendapat Pesangon dari perusahaan Anda bekerja, tentu Anda harus cukup bersyukur, karena banyak juga yang tidak memberikan pesangon yang memadai, bahkan sama sekali tidak memberikan pesangon, nah yang terakhir ini adalah perusahaan yang pemimpinnya adalah SETAN.
Tapi, jangan khawatir, TUHAN maha mengasihi, dan maha memberi...
 
Inilah beberapa tips-nya mengatasai hal tersebut:

A. Memanage pengeluaran
 
     Langkah pertama tentu adalah melakukan refolusi dalam pengeluaran, yaitu dengan cara minimal, melakukan penurunan pengeluaran, karena uang masuk belum lagi ada, tentu hal ini membuat hidup terasa lebih sulit karena keterbatasan.  Cobalah mulai revolusi atau paling tidak reformasi dengan memulai membuat daftar kebutuhan yang memang wajib dibeli, dan berhenti belanja kebutuhan yang tidak penting untuk dibeli. Tentu saran ini juga hanya berlaku bagi yang sebelumnya masih sempat menabung, kalau yang tidak mempunyai tabungan, tentu adalah soal lain.

B. Mencari solusi cara mendapatkan uang

     Mencari dan menemukan solusi bagaimana mendapatkan paling tidak sedikit pendapatan tambahan setiap bulan, kalau perlu setiap hari, karena hal ini akan membantu konsentrasi harapan kembalinya Anada mendapat pekerjaan baru, yang tentu bisa saja dengan mencari lewat internet, atau lewat relasi, atau dapat saja dengan, semisal menulis cerita, artikel atau lainnya yang juga dapat dilakukan melalui online, atau ikut survey yang bisa menghasilkan uang.

C. Luangkan waktu untuk berburu pekerjaan baru 

     Meluangkan waktu untuk berburu pekerjaan baru, ini penting agar jiwa masih mempunyai harapan tentang masa depan.  Mencari pekerjaan baru membutuhkan usaha, oleh karena harus pula mampu meluangkan waktu untukl mencari peluang kerja baru, dapat melalui surat kabar, internet atau media lain, atau paling dianggap simple adalah melakukan upaya wira usaha mandiri dengan tetap penuh semangat.

D. Tetap tenang dan positif thinking

     Tetap tenang dan positif thinking, tentu akan mempermudah bagaimana cara menyelesaikan permasalahan secara baik. meski ini adalah masa sulit bagi pribadi siapapun karena menganggur, tetap tenang dan positif thinking, dan terus fokus mencari pekerjaan baru dan menjalankan serta tetap melakukan rutinitas sehari-hari secara baik.

F. Lakukan hobi lama atau hobi baru Anda

     Melakukan hobi lama atau hobi baru Anda setidaknya juga akan menyegarkan pikiran Anda untuk lebih sinergis dengan harapan baru Anda. Dengan cara melakukan dan menyisihkan waktu luang, setiap hari untuk menjalankan hobi Anda, saat belum menemukan pekerjaan yang di ingtinkan, dan tentu jika Anda melakukan hobi, hal ini akan membantu Anda sedikit lebih rileks dalam berpikir dan melakukan penyelesaian solusi.


Ingat, pada dasarnya TUHAN menciptakan manusia, dilahirkan dengan rejekinya.
Jangan takut!
Tetap semangat!

Create by :
Thipluks Adinegoro


Tidak ada komentar:

lips

lips
lips

Foto-foto

Foto-foto
Klik

Me & Friends (Asongan on Ground Twin Tower)

Me & Friends (Asongan on Ground Twin Tower)
Sherif El Sharaf, Azhari, Mama Dominggo, THorene, IKhzam. Thipluks.

Noong Pelatihan

Noong Pelatihan
Kalau lagi pelatihan serius Dong.

Cerita Ringan